24 April 2015

AIR MATA DI AKHIR BULAN

Mahasiswa Di Akhir Bulan
Mahasiswa - sudah terbiasa hatiku ini, tidur dikampung orang untuk belajar harus sepakat dengan kontrak derita akhir-akhir bulan. Motivasinya hidup ya memang harus jalannya menaiki.

Recehan ini pun tak bertahan, satu sen 2 minggu lalu yang jatuh kebelekang lemari warisan masih kuingat jelas berapa kali bunyi jatuhnya. ku tundukkan pundakku hingga berlutut untuk mengambilnya pada jam 7 pagi itu dengan memakai almamater kampus untuk ujian, tersentuh, air mataku menetes diakhir bulan.

Bolpoin pinjaman ini mengubah pikiranku untuk menambah satu nol uang dua ribu itu, munkin malam  jam 9 keatas tepat untuk berbelanja kopi dan roti, namun karena alasan hati dan pidana mengurunkan niat dustaku itu, dua ribu ini jadi piket dompet bulan yang akan datang, sebelumnya dipegang lama seribu rupiah.

Tanggal segini air putih hangat cukup menenangkan tidurku.

Derita lama yang sering diceritakan senior tentang keramat akhir bulan pada mahasiswa itu masih kental nuansaya, kerap hari-hariku selalu dibuat memilukan seperti ada dan tiada, ngambang, dipojok kamar kos, kata kekasihku yang jauh disana kamu seperti kambing conge'.

ATM pentaris ini yang digilir tiap minggu pun belum ada sms pemberitahuan transfer orang tua, " Aku tu gak bisa begini " diakrabkan dengan mie instan pagi dan sore, khawatir penyakit pedalaman, perut buncit, betis mengecil.

Disitu munkin seninya dan pembelajarannya mengenai hidup selain bawaan catatan kampus setiap kali pulang sore, diberikan masalah berurut untuk menguji pendewasaannya. "Bahwa seseorang sering mengalami masalah ketika muda dan lebih awal belajar kemandirian akan lebih cepat mencapai kematangan pemikiran dan kepekaan perasaan untuk persiapan adaptasi suatu ketidakpastian perubahan-perubahan".  om mario.

Dan katanya pepatah kuno "sungai yang paling luas itu harus berada dibawah untuk menerima semua aliran sungai-sungai kecil dan ranting-ranting dari atas".

Masa-masa sulit dan kenangan kuliah ini kuyakin bisa membuatku tersenyum mengingat kembali 10 tahun yang akan datang.

Bersabar.... tidak lama lagi akan berubah.

Berkata Fb.
Berkata Tweet.
0 Berkata Blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar