23 April 2015

PERSIAPAN SEBELUM DAN PROSES MENGERJAKAN SKRIPSI JURUSAN INFORMATIKA

Kreativitas 
Malang - berdasarkan pengalaman saya yang sekarang lagi mengerjakan skripsi (april 2015) jurusan teknik informatika. skripsi seolah hukuman bagi sebagian mahasiswa yang ingin lulus dimana dia harus menciptakan karya ilmiah sendiri dan dituntut menyelesaikannya sesegera munkin (ditarget 1 semester, biasanya nyebrang semester harus bayar lagi spp).  

Sebenarnya skripsi sesuatu yang sangat baik bagi mahasiswa, disitu kita  akan diajarkan menciptkan sesuatu karya berdasarkan kaidah keilmuan, membangun kemandirian, kecegatan dengan tuntutan deadline, manajement waktu, tetapi skripsi menjadi siksaan bagi mahasiswa yang sama sekali tidak ada persiapan yaitu tidak tahu hal apa yang pertama dilakukan dan cara-caranya sebelum menjalankan sampai mengerjakannya.

Dari pengalaman menjalankan skripsi pada jurusan informatika, saya akan bagikan tips-tipsnya kepada sahabat yang istimewa agar tidak makrak dikampus lama-lama hanya mengerjakan skripsi.  silahkan simak dibawah ini bagaimana cara-caranya serta tipsnya.

1. Dapatkan Ide Ketika Magang
Magang jurusan atau disebut PKL (Praktek Kerja Lapangan), jangan lewatkan bahwa disitu ada bahan untuk dijadikan skripsi, tanyakan pada pembimbing magang anda kira-kira disini apa yang saya bisa buat untuk dijadikan skripsi, simpan ide itu dengan catatan. rata-rata mahasiswa magang jurusan itu ada disemester 6 atau 7, jadi ketika anda selesai magang, ajukan judul itu kepembimbing. jangan sepelekan kalimat judul harus menarik.

2. Dekati Teman Yang Lebih Dulu Mengerjakannya
Tanyakan dan siapkan catatan kecil, karena kita tidak bisa mengingat semua informasi yang diberikan. catatat seperti apa cara penulisannya, aturan jumlah lembar, misalnya bab 1 berapa, panjang latar belakang minimal berapa. apabila kebetulan ada teman yang sama metode yang digunakan, usahakan bisa berkomunikasi dan diskusi.

3. Buat Schedule / Jadwal
Jadwal penentu penting dalam mengerjakan skripsi, mahasiswa yang lama mengerjakan padahal tidak ada kesibukan lainnya akan lama karena tidak ada dorongan dengan target yang ingin dia capai. ini sangat penting, minimal 1 kali seminggu, anda akan cepat jika bisa mengusahakan 2,3 seminggu, setiap ada revisi, sore atau malam langsung dikerjakan untuk dibawa besok. Lihat contoh jadwal dibawah ini:

Bagi anda anda belum punya judul, ketika magang belum dapat juga dan mepet, masuklah kekampus yang lain ambil judulnya ganti studi kasusnya dan lakukan penambahan-penambahan jangan benar-benar persis, itu plagiat. 

4. Buku Penunjang
Anda harus memiliki satu buku pedoman yang ada kaitannya judul anda, bisa meminjam diperpush masing-masing atau mendatangi kampus lain. buku penunjang juga bisa berupa php, mysql,html, atau lainnya yang ini berkaitan dengan tools pengerjaan projeknya.

5. Jangan Langsung Fokus Projeknya
Ketika masih bimbingan proposal, jangan sentuh sama sekali program yang anda ingin buat, selesaikan bab 1 sampai 3 proposal anda dan maju seminar proposal. setelah itu bimbingan kembali karena setelah seminar proposal dan dikumpulkan proposal anda, anda akan mulai bimbingan kembali dan mengajukan lagi bab 1 dan 2, disini anda cukup menyelesaikan bab 1 dan 2, bab 3 tahan dulu, anda mulai masuk tahap pengerjaan projek/programnya. 

6. Buat Daya Tarik Ingin Selalu Mengerjakannya
 Biarkan berkas anda berserakan yang penting tidak begitu menggangu, karena berkas yang selalu rapi kurang mendorong kita untuk melakukannya dan pengaruh yang lain lebih besar, contohnya mengapa anda hampir dalam beberapa menit selalu memencet hp, karena hp begitu dekat dengan anda, bukan tersimpan dibawah lemari. 

7. Kurangi Bergaul Dengan Orang Malas
Skripsi anda akan mankrak jika teman-teman anda itu....itu aja dan orang pemalas lagi, dia memang asyik tapi kalau itu membuat anda tidak ada progres kurangi, perhatikan teman yang lebih bersemangat mengerjakan dan temani meski dia kurang asyik. 

 8. Selama Bimbingan Jangan Terlalu Idealis
Ini tips, setiap kali anda bimbingan, kurangi terlebih dahulu mengeluarkan ide, biarkan dosen dahulu yang mengoreksi, kalau ada yang tidak sesuai baru keluarkan tetapi jangan terlalu banyak, nanti dia bilang oh kalau begitu tambahi ini, tambahi itu, harus kesana, temui ini. ikutin saja apa yang disuruh dari coretan koreksinya.
9. Siapkan Tools Pengembang Projek
Khusus informatika peralatan yang diinstal harus sudah disiapkan, jangan sampai hal sepele ini, hanya karena belum terinstal anda menundanya, itu bisa membuat anda semakin malas. berikut software yang wajib diinstal dilaptop anda jurusan informatika:
  1. PHP Editor: Jika anda mengerjakan projek berbasis website software ini wajib, ada banyak editor yang support PHP, cari aja di internet, sangat banyak atau minta teman.
  2. Xamp / Wampp: Software ini wajib jika projek anda berhubungan dengan database.
  3. Power Designer : Software wajib ini harus anda pasang dilaptop, gunanya untuk menggambar DFD, sangat lengkap fasilitas power designer ini. 
  4. Paint: Software ini pasti sudah ada di windows, gunanya untuk memotong gambar-gambar yang diprintscreen, lebih simple dan ringan daripada harus photoshop.
  5. Pencil Evolution: Ini adalah plugin mozila firefox, gunanya penting yaitu merancang gambar aplikasi yang akan kita buat, bedakan dengan printscreen dengan rancangan, gambar rancangan ini masuk bab 3 skripsi sedangkan printscreen masuk bab 4 implementasi.

Itulah yang harus disiapkan bagi jurusan informatika yang akan mengerjakan skripsi. ini berdasarkan pengalaman saya selama menjalani pengerjaan skripsi di kampus universitas widyagama malang.

Referensi : Pengalaman Sendiri.


Kutipan penulis tentang blog ini!
Menyimpan moment yang bisa membuat tersenyum dan menginspirasi
dikemudian hari ketika melihat hari-hariku yang sudah kulalui.
Berkata Fb.
Berkata Tweet.
0 Berkata Blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar