24 April 2015

KOTA MISTIS, SARANGJANA KALSEL

Gunung Sarangjana, Ref Wahyudikuncoro
Pulau-laut Kalsel - kisah kota mistis ini berada dikampungku yaitu pulau kabupaten kotabaru kalimantan selatan, tepatnya sekitar daerah desa tanjung seloka. kemunculan cerita yang berkembang dimasyarakat sangat banyak dan variatif berdasarkan kejadian-kejadian yang dialami masyarakat setempat ataupun orang yang pernah datang tetapi belum pernah tahu dimana itu daerah sarangjana.

Saya minta maaf kepada yang lebih tahu nama daerah ini yang sebenarnya, banyak artikel sahabat yang membahas cerita ini dengan nama daerah " saranjana" tetapi saya menambahi huruf "g" jadi sarangjana, karena nama tersebut berasal dari bahasa suku mandar yaitu "sarang " artinya - sarang (rumah burung) dan "jana" artinya-elang jadi artinya rumah elang/sarang elang. jika memakai "saran" tidak mengartikan suatu tempat. mohon klarifikasi yang lebih tahu sejarahnya.

Berikut Kisah Orang Sarangjana Yang Pernah Kejadian Dimasyarakat.
- Orang-orang sarangjana berbisnis rotan ke pulau jawa
Waktu jaman kayu masih lancar banyak masyarakat pulau-laut bekerja sebagai pedagang kayu dan jadi ABK untuk dijual ke pulau jawa. masyarakat jawa khususnya para pengusaha yang berbisnis dengan orang sarangjana ini, kadang bertanya pada mereka abk-abk tersebut yang kebetulan punya toke yang sama, "dimana itu sarangjana(?)", mereka rata-rata berdagang kesina bawa rotan tapi diantara mereka beli mobil dibawa pulang, dan juga terkadang minta dikirim ke alamat kota sarangjana. anehnya banyak cerita kiriman dari berbagai daerah masuk ke kotabaru dan minta dikirim ke daerah sarangjana, mereka pada kebingungan, tapi dari kejadian-kejadian yang sering itu, mereka biasanya meletakkan disuatu tempat dan itu diambil sendiri.
- Warna khasnya adalah kuning
Banyak cerita yang memang dialami masyarakat setempat, sadar atau seperti terhipnotis mereka menceritakan bahwa pernah dibawa kesana dan kotanya luar biasa, warna bangunan sampai makanan semuanya warna kuning, konon jika kita ditawari makan dan memakannya kita tidak bisa balik lagi. 
-  Ketika ada acara orkes penonton jadi banyak
Ini juga sering saya dengar dari teman-teman waktu SMA, mereka bilang kadang suatu acara orkes, artis, personel atau penonton lainnya menyadari ko banyak banget dan wajahnya pada asing dimasyarakat. ketika acara selesai langsung terasa dan keliatan sepi, tidak masuk akal ko tiba-tiba sepi begitu.
-  Kapal tenggelam, orangnya diambil
Masyarakat pulau-laut setempat rata-rata pelaut, banyak cerita juga jika suatu kapal tenggelam yang lewat tidak jauh atau disekitar daerahnya mereka tidak meninggal jika hilang tetapi diambil dan menetap disana dan berkeluarga, bahkan ada yang masih bisa balik dan umumnya mereka kurang normal, kemunkinan dibuat biar mereka tidak cerita.
-  Orang pintar, bersahabat dan minta bantuan
        Kejadian ini pernah terjadi dekat rumahku didaerah teluk jagung pantai risalo, musim barat, ombak besar, kapal tongkang pengangkut batubara yang berlabuh putus tali jangkarnya dan terdampar kebibir pantai, sulit dikeluarkan, akhirnya pihak perusahaan memanggil orang pintar yang memang dikenal bersahabat dengan orang sarangjana ini, pak Maming, karena usaha menarik kapal dengan takbout berkali-kali selalu gagal, disarankan masyarakat setempat, kemunkinan itu ada penghuni gaib yang menahan. dan bapak tadi bercerita bahwa dia berkomunikasi dengan orang sarangjana dan meminta bantuan. 
           Kejadian yang satu lagi ini berasal dari desa Tata Mekar (gunung tanah), pada saat hari mau shola idul fitri, Imam sholat di desa ini, mandi ke sumur dan lewat perkebunan singkong untuk kesana, tiba dari sumur itu dijemput mobil banyak berwarna kuning untuk menjadi imam sholat di kota sarangjana, setelah itu diantar lagi pulang.  
- Kejadian Yang Menggemparkan
Nah ada sebuah cerita lagi nih kira-kira pertengahan tahun 80an lah, pejabat Pemda Kotabaru keheranan, pasalnya ada tamu dari Jakarta yang katanya mau mengantarkan pesanan, dan pesanan tersebut adalah sebuah alat berat yang memiliki tempat tujuan Sarangjana-Kotabaru, Jelas saja tujuan tersebut tidak ada karena daerah sarangjana tidak terdaftar di pemda kotabaru, karena Kota Saranjana memanglah tidak ada. padahal Pemda tidak sedang memesan Alat berat itu, dan heranya, biaya pembelianya sudah di bayar lunas. Namun orang-orang percaya, jika pesanan tersebut di pesan oleh penduduk Sarangjana. (ref: banganeh.blogspot)
- Kejadian Keluarga
Kejadian ini sekitar tahun 2008 waktu aliyah, yang mengalami keluarga tapi sedikit agak jauh dan dia lama tinggal di pulau wattu-wattunang,makassar, dia datang berkunjung kerumah neneknya, di gosong panjang, rumahnya sedikit kebelakang kebun, agak renggang dengan rumah yang lain. katanya disana sering didatangi cowok kalau malam didepan rumah dan bercerita dengannya dan menceritakan ciri-ciri orangnya. tapi neneknya tidak pernah tahu siapa orangnya,  masyarakat bilang kalau itu orang sarangjana.
Pintu Gua Yg Diduga Pintu Masuk Kota Sarangjana,
Ref dari sahabat Imrah Syah Hafied.

Teman-teman yang lebih tahu mohon klarifikasi jika kesalahan dalam artikel ini atau bercerita mengenai hal-hal yang pernah kejadian didaerah masing-masing mengenai orang sarangjana ini atau sahabat yang lainnya punya cerita desa/kota mistis.


Salam Budaya Mandar!

6 komentar:

  1. Yang kapal tenggelam itu ceritanya sangat menyeramkan, seakan ditelan begitu saja, wah..benar-benar mistis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia bossS, tp mereka sebenarnya baik, menurut penduduk kmpung sekitar rata2 muslim dstu, 1 lagi , ne blm tk masukin, klu ketemu org yg lesung bibir atasnya tidk ada, kemunkinan mereka, karena mereka juga bnyk keluar daerh

      Hapus
    2. Anonim22.28

      Seramm!!!!

      Kalsel bagian mana tu daerahnya?

      Hapus
    3. Pulau kotabaru bos....
      Masuk pulau-laut selatan.. daerah tanjung seloka.

      Hapus
  2. Gmn ya rasanya menikh ma org sana?

    he e e

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim23.47

      Ya ueeenak bos...

      Hapus