22 April 2015

CARA MEMBUAT BLOG DENGAN SIMPLE DAN INDAH

Malang - mempunyai blog memang menyenangkan, kita bisa menggunakan untuk catatan perjalanan/kisah-kisah hidup kita, belajar menulis dengan menuangkan ide-ide kreatif kita pada blog atau juga rencana hidup kita kedepan, mengukur pola pikir kita dengan kata-kata yang terangkai, bisa juga digunakan untuk mempromosikan jika kita punya barang untuk diperjual belikan dan sejuta manfaat lainnya yang bisa kita manfaatkan dari blog ini. 

Terlepas dari penggunaannya saya akan membahas "bagaimana membuat blog dengan simple dan indah ?, tentunya tidak berat!". jika anda tertarik seperti blog saya ini (fellgod.blogspot.com) silahkan simak karena saya akan membahas caranya sesuai kemampuan tenaga dalam saya...


Saya menganggap anda sudah punya sebuah blog karena saya tidak membahas cara mulai membuatnya, jika memang belum sebaiknya cari artikel lain untuk cara membuat blog tentunya sudah punya akun google. ok kita langsung saja. jossSSS!

Cara : 1 Gunakan kronologi facebook
Silahkan printscreen header facebook anda, edit di paint / photoshop, crop (memotong) yang headernya saja, simpan dengan ukuran lebar (width) pixel=900an lah. simpan dulu.
Cara : 2 Gunakan warna latar belakang kesukaan anda
Anda bisa mencari di google atau lihat disini Contoh warna latar belakang. simpan dulu.
Cara : 3 Gunakan tamplate yang sesuai kebutuhan
Blog menyediakan tamplate sendiri, anda bisa mencustomenya (merubah sesuai kebutuhan).
Pengaturan tamplate (mendesain tampilan blog)

Pilihan template


Pilih tamplate yang sederhana karena kita akan menata juga tata letaknya.

Pilihan Backgorund 

Pilih background yang anda download tadi dari goole, background warna kesukaan anda, seperti blog saya ini menggunakan warna kesukaan ungu. jangan lupa "sesuaikan lebar", itu pengaturan antara lebar header dengan konten blog.

Pilihan tata letak

Tata letak yaitu kerangka tampilan blog anda, silahkan cermati gambar diatas untuk memahami maksud tata letak itu. 

Pengaturan tingkat lanjut

Klik tombol pengaturan "Tingkat Lanjut", disitu anda bisa menyesuaikan semua, mulai dari warna tulisan, jenis tulisan, jenis tulisan judul, warna bingkai, warna & jenis tulisan tanggal. silahkan eksperiman, tapi jangan lepas dari kombinasi warna latar belakang blog anda. 
Hasil dari pengaturan lanjutan yang saya buat akan jadi seperti dibawah ini: warna judul: ungu, tanggal: ungu,dll. silahkan kombinasikan warna pilihan anda.
Hasil pengaturan lanjutan
Cara : 4 Atur jumlah postingan pada halaman depan
Jumlah postingan yang BELUM dibatasi berapa banyak yang akan ditampilkan pada halaman awal, blog tersebut akan sangat memanjang karena blog tidak munkin 1 artikel /postingan dan ini pengaruh ketika pertama kali diakses. klik untuk melihat contoh jumlah postingan yang dibatasi pada hal awal
caranya membatasi bagi yang belum tahu! 
ini dia :
Pengaturan Jumlah Post
Setelah diklik edit, maka akan keluar halaman setingan jumlah post yang akan ingin kita tampilkan, minimal 2 lah, maksimal 4,5. Dibagian tata letak ini juga tempat upload header yang tinggal klik tulisan edit pada bagian tanda kurung (header).

Cara : 5 Setiap isi artikel batasi panjang
    Selain jumlah postingan yang dibatasi pada halaman awal, panjang isi artikel juga dibatasi biar tidak semua isinya langsung ditampilkan memanjang tetapi dipasang tulisan "read more/baca selanjutnya".
    caranya, setelah ada isi artikel, letakkan kursor anda pada bagian artikel yang akan dipotong, klik tanda dokument terpotong seperti gambar dibawah ini:
    Pengaturan Panjang Isi Artikel
    Hasilnya seperti ini, klik contoh tampilan artikel yang dibatasi panjangnya.
    Sampai disini pembahasan mengenai "membuat blog dengan simple dan indah".

    Artikel ini akan selalu diperbaharui agar semakin mudah dimengerti dan lebih jelas lagi. terima kasih. salam blogger!

    Kutipan penulis tentang blog ini!
    Menyimpan moment yang bisa membuat tersenyum dan menginspirasi
    dikemudian hari ketika melihat hari-hariku yang sudah kulalui.

    4 komentar:

    1. wah keren banget saya masih newbie

      BalasHapus
      Balasan
      1. silahkn di praktekkan ap yg blm di ketahui bos dan share juga ap yg kurang dari pembahasan diatas. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya.

        Hapus
    2. wah keren banget saya masih newbie

      BalasHapus